Tuesday, March 21, 2006

Crash

Baru namatin baca blink setelah sekian lama tu buku pinjeman terbengkalai di kamar, padahal cuman tinggal beberapa halaman ajah lamanya minta ampun, but anyway abis blink kelar (nantinya bakal ada kaitannya antara blink ama ni pelem-a :P), a maen maen ke kamar mbak prie, niatnya si mo nebeng nonton Tipi tapi lalu mataku tertumbuk pada sepotong eh sekeping DVD, yang kemaren menang academy award itu, sambil basa basi nanya,"bagus g ni mbak pelemnya?" anyway to the point ajah yah akhirnya a nonton tu pelem yang judulnya Crash, jadinya agak ga terlalu mengagetkan karena pas nonton mbak prie sudah sedikit mereview pelem ntuh. O ya sedikit mereview, mbak prie itu ngakunya sih priyayi solo yang terdampar dengan sukses di departemen pemerintahan yang bekantor di deket lapangan banteng, dia begitu narsisnya terhadap solo (a aja yang blasteran Solo Pati aja g segitunya) mbak prie ini bercita cita untuk secepatnya hengkang dari ibukota yang begitu pekat dengan polusi ini, dia itu tetangga kosQ yang sering tak gangguin buat liat Tipi or Pelem, maklum blom punya tipi he he he, blom sempet beli soalnya baru setaonan ini merantau di ibukota (hayah).
O ya nerusin omongan soal Crash pelem (bukan dibaca pelem-mangga:red) yang meraih 3 oscar ini (pelem, editing n skenario terbaik) dengan sutradara Paul Haggis mengisahkan tentang beberapa peristiwa yang saling berkaitan di Los Angelas dalam waktu 36 jam. Rupanya isu ras yang diangkat Crash masih lebih menarik dibanding isu homo di brokeback mountain (maklum sebelumnya pelem yang menang di Golden Globe itu lebih banyak diunggulkan).
Crash dibuka dengan munculnya detektip polisi berkulit hitam -Don Cheadle- n parternya apa pacarnya yah? dua duanya deh (soalnya nantinya ada adegan yang perlu disensor tu yang mereka berdua lakuin- :p kabur anak kecil tutup mata, eh a masih kecil juga kan) yah intinya mereka berdua lagi ada di lokasi kejahatan. Abis itu muncul scren Brendan Freezer (emang sengaja gitu nulisnya) DA (jaksa wilayah) dan istrinya (Sandra Bullock) yang ditodong ama dua orang pencuri mobil berkulit item. Btw sebelum dilajutin, di pelem ni ga da tokoh sentral jadi banyak gitu pemaennya n semuanya mengambil bagian dari cerita yang nantinya akan saling ketemu n berkaitan.
Trus ada mobil yang mirip dengan mobil curian itu yang kemudian diberentiin ama dua orang police, ternyata penumpang mobil itu seorang sutradara Afro-amerika n her wife yang juga item, si istri ini sedikit mabok n maracau geto na pas apesnya salah satu police ntu (Matt Dillon) dia benci banget ama orang berkulit item -niger- na Matt Damon ini ngegeledah istri sutradara itu, tapi dia ngegeledahnya kurang ajar banget (huh rasanya pengen nimpuk pake piling kabinet dah :o!) tapi sutradara ini g bisa berbuat apapun ngeliat istrinya diperlakukan kayak geto, malah dia minta maap ama the policeman. Hal itu akhirnya jadi konflik between sutradara itu ama istrinya. O ya si policeman -matt damon- tadi ditemani partnernya, seorang police muda yang muak ama kelakuan temennya ni, dia orangnya baek n g tegaan. Tapi justru itulah yang tragis (na ini yang a denger dari mbak prie diawal pelem) ntar between two police ni bakal terjadi ending yang berbalik dari kejadian semula, n keadaan lah yang lebih berperan ketimbang keinginan.
O ya masih ada tokoh lagi dua orang suami istri korean, sebuah keluarga Persia pemilik toko kelontong yang beli pestol to proteck themself, trus tukang kunci mexican n anaknya yang takut banget ama pistol, mhuh banyak kan tokohnya ada lagi nyokapnya detektip kulit item yang tadi dah a critain diatas. Ending crita ini emang agak tragis geto tapi nggak pake banget untungnya si kecil anak tukang kunci tadi g jadi mati pas ditembak (lho kok bisa baca ajah deh critanya, eh maksudnya tonton pelemnya) jie jadinya malah promosi neh. Tapi banyak koq yang bisa kita ambil dari pelem ni, si pencuri mobil yang akhirnya balik ngikutin apa kata nuraninya dari pada kata penadahnya (bisa g diambil gini : seorang pegawai yang lebih milih nuraninya daripada kata bosnya -ha ha-garing), bahwa temen yang kita butuhkan ternyata g begitu jauh dari kita, tapi g pernah kita liat krn kita kurang peduli, n g perduli seberapa kita marahan ama pasangan kita, dont forget to say "dear, I Luv You" jie
Anyway ni pelem termasuk recommended tapi musti disensor dulu klo buat yang masih kecil (kayak a - kekeuh) n setelah ngeliat kita bisa lebih mencoba menghargai orang lain, siapapun mereka. Bukankah Cinta itu sesuatu yang indah.....:D :D